Artikel.

10 Destinasi Wisata di Bandung 

 

SAUNG AKLUNG UDJO 

Saung-Angklung-Udjo-5

Saung Angklung Udjo (SAU) merupakan sebuah tujuan wisata budaya yang lengkap, karena SAU memiliki arena pertunjukan, pusat kerajinan bambu dan workshop untuk alat musik bambu. Disamping itu, kehadiran SAU di Bandung menjadi lebih bermakna karena kepeduliannya untuk terus melestarikan dan mengembangkan kebudayaan Sunda ֠khususnya Angklung ֠kepada masyarakat melalui sarana pendidikan dan pelatihan.  

Pada tahun 1966, Udjo Ngalagena beserta istrinya Uum Sumiati mendirikan sebuah sanggar kesenian Sunda, yang kita kenal dengan SAU. SAU dibangun di atas sebuah landasan yang kuat dan dedikasi yang tinggi untuk melestarikan kebudayaan dan kesenian Sunda.  

Dengan atmosfer segar Tatar Parahyangan di kawasan Bandung Timur, SAU menjadi tempat yang tepat untuk menikmati keunikan dari dominasi bambu, dimulai dari elemen interior dan lansekap sampai dekorasi dan gemerincingnya suara alat musik bambu. 

SAU memberikan gambaran yang cantik tentang keharmonisan diantara alam dan budaya, karenanya, tidaklah mengherankan apabila SAU kini berkembang menjadi sebuah tujuan pengalaman wisata budaya yang lengkap ֠tempat untuk bisa merasakan kebudayaan Sunda sebagai bagian dari kekayaan warisan budaya dunia. 

 

LEMBAH BOUGENVILLE 

penginapan-di-lembah-bougenville-dari-httpwww.lembahbougenville.com_

Lembah Bougenville Resort terletak di daerah perbukitan Maribaya pada ketinggian +/- 1.205 M DPL, dikelilingi oleh gunung Bukit Tunggul, Taman Hutan Raya Ir. H. Juanda dan menghadap ke arah gunung Tangkuban Parahu. Kawasan ini dibangun sekitar tahun 1996 dan dibuka resmi untuk umum pada awal tahun 2004. 

Sejak dibuka untuk umum, Lembah Bougenville Resort menjadi pilihan alternatif bagi liburan keluarga, karyawan perusahaan, instansi pemerintahan, sekolah,  maupun kelompok-kelompok yang menginginkan suasana yang sejuk, bersih,  udara yang segar, jauh dari hiruk pikuk perkotaan.  

 

FARM HOUSE 

IMG_0364

Farmhouse Lembang adalah sebuah area rekreasi baru yang menarik untuk di kunjungi bersama pacar, teman maupun keluarga. Apalagi saat liburan akhir pekan, tentu kebersamaan akan semakin menyenangkan dengan menikmati liburan di alam terbuka.  

Farmhouse Lembang menyajikan miniatur pemandangan alam pedesaan, suasananya sedikit terkesan seperti di salah satu lingkungan eropa, tapi jangan berharap lebih yah, karena area Farmhouse Lembang memang tidak begitu luas dan dibeberapa spot terlihat masih dalam tahap pembangunan dan finishing bangunan.  

Memasuki gerbang masuk Farmhouse Lembang kita akan disambut dengan petugas yang mengarahkan kendaraan, sejenak kemudian petugas tiket akan menghampiri anda, disini kita harus membeli tiket masuk dan bayar parkir kendaraan.  

Area parkirnya cukup luas, terlihat bersih dan rapih, beberapa petugas kebersihan terlihat begitu sigap membersihkan dan merapihkan area ini, good point.  

 

KAWAH PUTIH / SITU PATENGGANG / KEBUN TEH   

Situ Patenggang atau Situ Patengan adalah suatu danau yang terletak di kawasan objek wisata alam Bandung SelatanJawa BaratIndonesia, tepatnya di Ciwidey. Terletak di ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki pemandangan yang sangat eksotik. Situ patenggang juga memiliki pemandangan alam yang asri, karena disekitarnya terdapat hamparan kebun teh.  

Luas Situ Patenggang sekitar 45.000 hektar. Serta total luas cagar alamnya mencapai 123.077,15 hektar. Situ patenggang selalu menjadi pilihan wisatawan terutama bagi mereka yang baru pulang dari tempat wisata Kawah Putih. Jaraknya dari wisata kawah putih hanya sekitar 7 KM dan membutuhkan waktu sekitar 10 menit saja.  

Kawah Putih adalah tempat wisata di Bandung yang paling terkenal. Berlokasi di Ciwidey, Jawa Barat, kurang lebih sekitar 50 KM arah selatan kota Bandung, Kawah Putih adalah sebuah danau yang terbentuk akibat dari letusan Gunung Patuha. Sesuai dengan namanya, tanah yang ada di kawasan ini berwarna putih akibat dari pencampuran unsur belerang. Selain tanahnya yang berwarna putih, air danau kawasan Kawah Putih juga mempunyai warna yang putih kehijauan dan dapat berubah warna sesuai dengan kadar belerang yang terkandung, suhu, dan cuaca.  

Perkebunan Teh Ranca Bali berada pada level ketinggian 1.628 meter diatas permukaan laut (dpl) dengan panorama alam khas perkebunan teh yang berbukit dan berkelok-kelok. Hamparan pepohonan teh yang tertata rapi dengan udara yang sangat sejuk menjanjikan kesan yang tak biasa kepada siapapun pengunjungnya. Perkebunan teh ini mengolah dua komoditi yakni teh dan kina yang didukung oleh pabrik pengolahan CTC dan Orthodoks.  

Perkebunan teh ini terlihat sangat indah dan menawan yang keberadaannya tepat di pinggir jalan, dimana umumnya berada pada posisi yang lebih rendah dari pinggiran jalan serta susunannya yang rapat, menjadikan perkebunan ini layaknya hamparan babut hijau segar yang menyiramkan nuansa dan suasana sejuk, indah, tentram, sehingga tak cukup alasan untuk tidak mengunjunginya.  

 

TANGKUBAN PERAHU 

gambar-Tempat-Wisata-Bandung-Kawah-Tangkuban-Perahu

Tangkuban Parahu atau Gunung Tangkuban Perahu adalah salah satu gunung yang terletak di Provinsi Jawa Barat,Indonesia. Sekitar 20 km ke arah utara Kota Bandung, dengan rimbun pohon pinus dan hamparan kebun teh di sekitarnya, Gunung Tangkuban Perahu mempunyai ketinggian setinggi 2.084 meter. Bentuk gunung ini adalah Stratovulcano dengan pusat erupsi yang berpindah dari timur ke barat. Jenis batuan yang dikeluarkan melalui letusan kebanyakan adalah lava dan sulfur, mineral yang dikeluarkan adalah sulfur belerang, mineral yang dikeluarkan saat gunung tidak aktif adalah uap belerang. Daerah Gunung Tangkuban Perahu dikelola oleh Perum Perhutanan. Suhu rata-rata hariannya adalah 17 oC pada siang hari dan 2 oC pada malam hari.  

 

FLOATING MARKET 

Berperahu-mengelilingi-danau-di-Floating-Market-via-menerjemahkan.com_ 

Floating Market Lembang yang bila diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti Pasar terapung di Lembang ini bisa dikatakan merupakan satu-satunya pasar terapung yang terdapat di Bandung,bahkan di Jawa Barat.Berbeda dengan jenis pasar terapung yang ada di daerah lain di Indonesia yang menjadikan Sungai sebagai jalur transfortasinya,maka pasar terapung di Lembang ini menggunakan Situ atau danau sebagai pusat aktifitasnya.  

Konsep Tempat Wisata Di Lembang ini adalah ‘Desa dan Kampung Wisata’ yang mana menawarkan jenis wisata dengan latar alam khas pedesaan yang asri dan sejuk di sekitar Lembang yang memang dikenal sejuk udaranya dan indah pemandangan alamnya.Diresmikan operasionalnya mulai tanggal 12 Desember 2012,Floating Market kini menjadi wisata unggulan daerah Lembang.  

Floating Market Lembang sendiri sebenarnya berada di atas air kawasan situ seluas 7 hektar yang ada di Lembang yang bernama Situ Umar dan situ Karang Putri.Keberadaan lokasi wisata ini selain berfungsi sebagai cagar wisata situ-situ bandung yang hampir punah dan habis karena banyak yang telah berubah fungsi menjadi areal perumahan serta perekonomian,juga kawasan wisata pasar apung lembang ini menjadi pemberdaya ekonomi masyarakat sekitar dan objek penyumbang pendapatan asli daerah [PAD] Bandung.  

 

KAMPUNG BATU

 Kampung-Batu-Malakasari

 

 

 

 

 

 

 

 

Kawasan Wisata Alam seluas 50.000 Meter persegi ini merupakan bekas lokasi penambangan batu alam yang sudah di eksploitasi secara tradisional oleh masyarakat setempat sejak tahun 1900, kemudian pada tahun 2002 kami mulai melakukan REKLAMASI sehingga membentuk formasi geologi yang indah, dan unik sebagai kawasan GEO WISATA 

Sebagian dari kawasan ini telah membentuk danau yang dapat menampung puluhan ribu kubik air, dengan berbagai jenis ikan tawar ada didalamnya.  

Selain memiliki daya tarik alam yang unik, juga memiliki fungsi Ekologi atau daya dukung yang tinggi bagi lingkungan hidup. Danau, kolam-kolam, sawah, dan lahan terbuka hijau seluas 70% dari kawasan ini, merupakan sumber pengisian air bumi (akifer) yang berguna sebagai sumber air bagi lingkungan sekitar. Didukung dengan Keragaman tanaman yang ada di kawasan ini seperti Kelapa, Palm, Cengkeh, Cemara, Lengkeng, Rambutan, Mangga, Nangka, Sukun, Petai, Petai Cina, Jengkol, Belimbing, Sirsak, Jambu biji merah, Jambu Jamaika, Jambu air, juga terdapat tanaman langka seperti Sawo Durian, Sawo Walanda, Bisbul atau Apel Beludru, dll. berfungsi sebagai filter udara bagi lingkungan di sekitarnya. Dengan demikian kawasan ini pun kawasan EKO WISATA  

 

TEBING KERATON 

maxresdefault (3)

Tebing Keraton atau Tebing Karaton merupakan sebuah tebing yang berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Tebing ini terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa CiburialBandungJawa BaratIndonesia. Dari Tebing Keraton dapat menikmati pemandangan spektakuler. Bukan lampu kota, melainkan hutan!  

Tidak sulit untuk mencapai Tebing Keraton. Dari pusat kota Bandung, bertolaklah ke arah Dago Pakar, kemudian ke arah Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Setelah pintu gerbang Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, beloklah ke kanan. Anda akan melewati rumah-rumah besar dan kemudian perkampungan. Setelah itu Anda akan sampai di sebuah warung dengan baliho besar bertuliskan ‘Warung Bandrek’ alias Warban. Perjalanan belum selesai, pacu kendaraan Anda melewati tanjakan dan jalan berbatu sampai pos teratas, langsung di Tebing Keraton. Di sini, anda bisa memarkir motor dan mobil. Untuk mencapai tebing tersebut, anda hanya perlu berjalan kaki tak sampai 5 menit.  

Tebing Karaton ini ada di atas Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Sehingga dari atas tebing ini, anda bisa menyaksikan hijaunya pemandangan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda yang menghampar luas sepanjang mata memandang. Pemandangan ini pun akan bertambah indah, jika anda datang sebelum matahari terbit atau kira-kira jam 6 pagi. Pada saat itu, anda bisa menikmati suasana kota Bandung yang masih berselimut kabut tebal. Ditambah dengan keindahan matahari terbit di balik bukit yang ada di sebelah timur. Semua keindahan panorama alamnya ini memang paling pas, jika anda abadikan dengan kamera anda.  

 

KAMPUNG GAJAH

kampung-gajah 

Kampung gajah adalah salah satu tempat wisata yang terletak di Lembang, Bandung utara. Bagi orang yang belum tahu, mendengar nama kampung gajah sudah terbayang di benak anda bahwa kawasan wisata ini adalah tempat perlindungan gajah dan beberapa bisa mengunjung wisatawan yang datang. Jika anda berpikir demikian, maka anda salah besar.  

Wisata kampung gajah berisi wahana permainan dan waterboom. Wahana yang tersedia di kampung gajah lebih dikhususkan untuk anak-anak. Oleh karena itu, wisata kampung gajah merupakan tujuan wisata favorit bagi keluarga yang tinggal di bandung, jakarta, dan sukabumi 

Bahkan tidak jarang wisatawan dari luar pun tertarik untuk mengunjungi wisata kampung gajah karena menggunakan konsep one stop recreation. Tersedia berbagai macam paket wisata bandung kampung gajah. Namun sebelum mebahas tentang harga paket, ada baiknya anda mengetahui lokasi wisata kampung gajah dan cara pergi ke sana.  

 

TRANS STUDIO BANDUNG (TSB)

b7bb35b9c6ca2aee2df08cf09d7016c22456 

Trans Studio Bandung adalah kawasan wisata terpadu di BandungIndonesia, tepatnya di area Bandung Supermal. Trans Studio dibangun pada areal seluas 4,2 hektare dengan investasi mencapai Rp2 triliun sehingga menjadikannya sebagai kawasan hiburan terluas dan terlengkap di Bandung.[1] Wahana yang terdapat menawarkan petualangan dan sensasi baru yang tidak kalah menantang seperti pendahulunya yaitu Trans Studio Resort Makassar yang dibuka pada tahun 2008. Trans Studio Bandung dibuka untuk umum pada tanggal 18 Juni 2011.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×
Ada yang bisa kami bantu ?

HOTLINE 24 JAM